sejarah desa

  03 April 2017  |  DESA BUMIHARJO

SEJARAH DESA

Di lihat sepintas lalu bahwa Desa Bumiharjo di kecamatan Glenmore sama dengan desa – desa lainya di Kabupaten Banyuwangi. Yaitu Desa Agraris dengan lahan pertanian dan perkebunan terbentang Relative luas, dengan keistimewaan yang menonjol antara lain : Hasil pertanian ( Padi, Hortikultura, dll), Pariwisata, Tambang batu, Pasir, dan airbersih.

SEJARAH PEMERINTAHAN DESA

                Pada jaman dahulu sekitar tahun 1945 diwilayah Kabupaten Banyuwangi bagian barat, tepatnya di sebelah selatan dataran tinggi Gunung Raung ada sebuah Desa yang diberi nama Desa Sumbergondo.

                Pada tahun 1992 Desa Sumbergondo di pecah menjadi Desa Bumiharjo memiliki wilayah 3 (tiga) Dusun antara lain Dusun Wonoasih, Dusun Sugihwaras, Dan Dusun Balerejo. Desa Bumiharjo menurut legenda atau cerita masyarakat sekitarnya bahwa Bumi adalah merupakan anugrah yang diberikan Allah untuk di manfaatkan seluruh mahluknya terutama manusia, untuk mengelola sebidang tanah / bumi yang cukup subur makmur bisa menghidupi semua warga masyarakat dan kegotong royongan kepedulian warga yang sangat ramai, sehingga dengan kekompakan kesepakatan semua warga maka diberi nama Desa Bumiharjo. Desayang masih baru berkembang menjadi sebuah desa yang mandiri lepas dari Desa Sumbergondo ( Desa induk).

                Pada awal berdirinya Desa Bumiharjo pad atahun 1992 yang ditunjuk sebagai Pejabat sementara ( PJS ) Sdr. Nurkhoiri yang semula pejabat kepala Dusun Balerejo selama kurang lebih satu tahun. kemudian sodara  Pjs.nurkhoiri tidak bisa menjalankan roda Pemerintahan mengundurkan diri secara baik – baik dan ditunjuk pejabat sementara  Untuk Desa Bumiharjo (Desa persiapan) Sdr. Hermanto sampai menjadi Desa yang mandiri Definitif tahun 1996 lepas dari Desa Sumbergondo. Tahun 1999 dengan Musyawarah diantara tokoh Masyarakat sepakat untuk mengadakan pemilihan calon kepala desa atau Pilkades dengan bakal calon 2 orang antara lain : Sdr. Drs. Hariyanto, dan Sdr Nanang edi santoso.SH. Dari dua calon tersebut yang terpilih adalah Sdr. Drs. Hariyanto sebagai kepala desa Definitif.

                Kemudian pada tahun 2005 dengan kesepakatan warga, lembaga yang ada di Desa tokoh masyarakat ulama, dan pemuka – pemuka agama yang ada di Desa  Bumiharjo sepakat unutk mengadakan pemilihan kepala Desa Bumiharjo untuk yang ke 2 (dua) kalinya. Yang menjadi calon Kepala Desa Sebanyak 4(empat) orang Temasuk Pj.Kepala Desa Sdr.Zubaedy, dan pada akhirnya Sdr.Zubaedy Terpilih menjadi kepala Desa Bumiharjo Yang ke 2.

                Desa Bumiharjo Memiliki luas wilayah : 5.978,25 Ha. Terdiri dari sawah, ladang , dan perumahan termasuk Tegalan Dan perpenduduk kurang lebih : 7.183 jiwa terdiri dari jumlah penduduk laki – laki sebanyak : 3.487 jiwa dan Perempuan sebanyak : 3.700 jiwa Tersebar diwilayah dusun terdiri dari : 12 Rw dan 48 Rt.

Adapun rincian masing – masing Rw dan Rt sebagai berikut :

DUSUN RT RW
Wonoasih 14 3
Sugihwaras 23 6
Balerejo 11 3

Contact Details

  Alamat :   JL. Shobiri No.047 Kode Pos 68466
  Email : ds.bumiharjo@gmail.com
  Telp. :
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi